Wednesday, March 13, 2013

Pihak Moerdiono: Tak Ada Yang Bisa Paksa Tes Dna

Pihak Moerdiono: Tak Ada Yang Bisa Paksa Tes DNA

Machica Mochtar

Iqbal - Machica Mochtar



Kapanlagi.com

- Sampai saat ini, keluarga Moerdiono tetap tidak mau melakukan tes DNA untuk mengetahui kebenaran klaim Machica Mochtaratas anaknya sebagai anak biologis Moerdiono.

Kartika Yosodiningrat, selaku kuasa hukum keluarga Moerdiono mengungkapkan bahwa kliennya tidak bisa dipaksa untuk diambil contoh DNA-nya.

"Ini perkara perdata, tidak ada yang bisa paksa klien saya untuk tes DNA. Itu kan diambil samplenya, harus ada persetujuan dari yang bersangkutan," ucap Kartika saat ditemui di Pengadilan Agama Jakarta Selatan, Rabu (13/3).

Menurut Kartika, kliennya bukan tidak mau menghormati hakim ataupun tidak berlaku kooperatif. Namun proses hukum mengharuskan persetujuan dari kliennya.

"Bukan nggak menghormati hakim, kalaupun klien datang ke rumah sakit, pihak rumah sakit juga harus minta persetujuan. Kalau nggak mau ya nggak bisa," lanjutnya.

Pertimbangan lain yang membuat keluarga Moerdiono menolak, ternyata pernyataan almarhum Moerdiono kala masih hidup yang tidak mengakui Iqbal sebagai anak biologisnya.

"Itu sudah paling mendasar. Pak Moer saja saat hidup nggak akui, kenapa sekarang keluarga harus dilibatkan untuk pengakuan itu?" tukas Kartika.

Pihak Machicadan anaknya telah melakukan tes DNA, namun mereka kesulitan untuk mendapatkan pembanding dari keluarga Moerdiono. Sehingga hasil tes DNA tidak bisa memberikan kepastian bahwa sang anak sebagai putra biologis Moerdiono.

Baca selengkapnya »

No comments: