Wednesday, May 15, 2013

Candi Bogang Wonosobo


Arca Buddha yang berhasil dipindahkan dari tempat semula yang terkubur tanah, Arca mempunyai tinggi sekitar 1,5 meter. (Photo by Dwi Nourma Handito)

Candi Bogang, begitulah nama yang disematkan untuk sebuah tempat yang tidak bisa dikatakan sebagai candi, lebih cenderung sebagai sebuah situs. Situs dengan 2 Arca Buddha berukuran besar. Situs yang terletak di tepi jalan Wonosobo Banyumas km 6 ini seolah tak terkenal, tak banyak literatur yang dapat menjelaskan tempat ini, hanya ada beberapa buku yang menyebutkan tempat ini itupun hanya laporan saat ekavasi. Nama Candi Bogang sendiri adalah nama daerah tersebut, sebelum diketemukan adanya arca di daerah tersebut, nama daerah tersebut sudah Candi Bogang. situs ini ditemukan oleh pekerja yang akan membangun pondasi bangunan, seperti yang disebutkan dalam hasil ekskavasi Candi Bogang, penemuan berawal dari penemuan kepala Arca Buddha pada tanggal 23 Februari 1982. Di area candi Bogang terdapat dua arca Buddha yang berukuran berbeda satu sama lain, 1 arca sudah di pindahkan ke sebuah Joglo kecil, sedangkan satu arca yang lain yang berukuran besar masih tergeletak di tempat asal diketemukan dikedalaman 1 meter dibawah tanah. Menurut pak Muslim, penjaga Situs Candi bogang mengatakan bahwa dulu arca yang lebih besar telah dicoba untuk diangkat, dengan menggunakan katrol yang mampu mengangkat beban 6 Ton, namun upaya tersebut tidak berhasil. Kedua arca yang berada di candi bogang kini kondisinya tanpa kepala dan tangan, Kepala dan tangan sudah dibawa ke Borobudur, dengan alasan keamanan. Sampai saat ini, belum dapat dijelaskan apakah situs candi Bogang adalah sebuah candi untuk beribadah atau sebagai hal lain.


Di Candi Bogang hanya terdapat sebuah papan nama, tanpa ada papan yang menjelaskan sejarah situs bersejarah tersebut. (Photo by Dwi Nourma Handito)


Tempat diketemukannya dua arca Buddha berukuran besar, satu arca berhasil dipindahkan sedangkan satu arca lagi masih berada di tempat semula. (Photo by Dwi Nourma Handito)


Arca Buddha yang berukuran besar masih belum bisa diangkat dari tempat penemuannya, memiliki tinggi sekitar 2 meter.(photo by Dwi Nourma Handito)

Dwi Norma H Baca selengkapnya »

No comments: