Friday, March 1, 2013

Tips Merawat Helm Agar Tetap Nyaman Digunakan

Bagi para pengendara sepeda motor sudah tentu tidak akan lepas dari alat keselamatan yang bernama helm. Sebuah helm memang sangat penting bagi para pengendara kendaraan bermotor karena helm berfungsi untuk melindungi kepala pengendara kendaraan bermotor dari benturan jika terjadi hal yang tidak diinginkan seperti jatuh, tertabrak, atau kecelakaan lainnya.



Ilustrasi Mencuci Helm ( : solusimobil.com)

Melihat betapa pentingnya sebuah helm bagi keselamatan pengendara kendaraan bermotor. Maka sebuah helm juga memerlukan perawatan khusus agar dapat digunakan dengan nyaman dan tentunya dapat melindungi keselamatan dari kecelakaan dengan baik. Berikut inagurasi akan berbagi tips untuk merawat helm agar tetap nyaman untuk digunakan.

1. Lekas Jemur Helm Jika Terkena Air



Sebagaimana kita ketahui helm selalu kita gunakan selama berkendara dengan kendaraan bermotor baik itu dalam keadaan hujan maupun panas terik. Jika Anda telah berkendara ketika hujan turun maka sudah tentu helm akan basah dan biasanya akan merembes masuk ke bagian dalam. Tentu tidak nyaman menggunakan helm yang basah karena kita ketahui bagian dalam helm terbuat dari busa yang bersifat menyerap air.



Maka setelah terkena air atau air hujan lekaslah menjemurnya di bawah terik matahari agar lekas kering. Akan tetapi jika Anda tidak memiliki banyak waktu, maka cukup memanasinya dengan hair dryer atau dengan menggunakan lampu yang diletakkan dekat helm.

2. Bersihkan Kaca Helm



Pada keadaan hujan maupun tidak biasanya kaca helm akan tertutup debu dari jalan, karena memang fungsi kaca helm yaitu untuk melindungi mata pengendara dari debu jalan atau air hujan yang akan menghalangi jarak pandang pengendara. Biasanya ketika kaca helm kotor kita kan menghiraukannya tetapi hal tersebut salah karena kotoran pada kaca helm akan menghalangi jarak pandang pengendara. Maka rutinlah membersihkan kaca helm karena selain membuat jarak pandang menjadi baik, kulir muka juka akan terhindar dari kotoran pada kaca helm yang akan tertiup ketika berkendara.

3. Semprotkan Anti Bakteri Pada Helm



Pada toko-toko swalayan biasanya mudah kita temui spray anti bakteri untuk helm. Selain mengandung zat anti bakteri biasanya juga mengandung parfum yang akan membuat wangi helm. Maka sebaiknya lakukan rutin penyemprotan helm 1 minggu sekali agar helm terhindar dari bakteri yang dapat membuaat kulit kepala kita bermasalah dan juga menjaga helm agar tetap wangi.

4. Mencuci Helm



Dari serangkaian perawatan helm yang paling penting memang mencuci helm. Walaupun helm digunakan di kepala yaitu bagian teratas yang jarang terkena kotoran tetapi tetap helm akan kotor karena dari cara penyimpanannya yang sembarangan dan karena terkena debu dari jalanan atau rambut. Maka cucilah helm setidaknya 1 bulan sekali agar helm tetap nyaman digunakan. Anda dapat mencuci helm di tempat khusus pencucian helm yang biasanya terdapat di tempat parkir sebuah mall atau tempat cuci motor. Tetapi jika Anda sempat melakukannya sendiri maka cucilah helm sesuai panduan yang diberikan helm dan sebaiknya gunakan deterjen tanpa pemutih dan lekas jemur helm yang baru dicuci di bawah terik matahari agar busa pelindung helm tidak mudah rusak.

Sekian tips mengenai perawatan helm yang inagurasi berikan, semoga bermanfaat. Ingat walaupun sepele, menjaga kebersihan helm juga akan mempengaruhi kenyamanan dan bahkan keselamatan dari penggunanya maka rawatlah helm yang Anda miliki. Selain menjaga kenyamanan dan keselamatan selama berkendara, mencuci helm juga dapat membuat helm awet dan membuat tampilan helm tetap menarik serta membuat penampilan Anda semakin menarik ketika berkendara.

Baca selengkapnya »

No comments: